Warga Mutihan Menggelar Tradisi Wiwitan Turun Temurun.

Tanto Suharyanto 29 September 2023 08:50:26 WIB

Srimartani(24/9).Tradisi wiwitan dilakukan oleh para petani dengan tujuan sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang melimpah dan permohonan diberikan hasil yang lebih untuk musim tanam berikutnya. Wiwitan berasal dari kata wiwit dalam bahasa Jawa berarti mulai. Karena kegiatan wiwit adalah simbol memulai panen padi.

Nguri nguri kabudayan, prosesi budaya wiwitan dalam panen padi. Minggu pagi, warga mutihan menggelar acara wiwitan yang dihadiri oleh seluruh perangkat desa Srimartani, kapanewon piyungan dan juga Dinas Budaya bantul.

Dimulai dengan berjalan beriringan kurnag lebih 1km, hingga sampai pada tempat diadakan acara wiwitan. Diikuti oleh seluruh elemen masyarakat padukuhan mutihan. Di acara ini di suguhi gamelan dan juga tari dari srimartani gumregah dan tari tari lainnya. Padukuhan mutihan juga menjadi icon untuk desa tari. Selesai prosesi wiwitan ini, di suguhi juga makanan yaitu, sego wiwit. sebagai penutup rangkaian acara.

 

lihat di <Instagram> dan <facebook>

Komentar atas Warga Mutihan Menggelar Tradisi Wiwitan Turun Temurun.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KTBS TV

HARI JADI KABUPATEN BANTUL KE 187 BEREGODO KEC. PIYUNGAN

LAGU INDONESIA RAYA

Srimartani Overview

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License