Ki Joko Goro-Goro: Ada 4 Orang Yang Tak Kan Mencium Aroma Surga

SINGGIH HANDOYO 04 September 2019 08:26:03 WIB

Srimartani. Ki Joko Goro-Goro, Kyai kondang dari Demak memberikan tausyiah di Desa Srimartani (03/09/2019). Dalam ceramahnya kyai mengingatkan ada 4 golongan orang yang tidak akan mencium baunya surga padahal keharuman surga tercium hingga jarak yan sangat jauh (setara jarak 500 tahun perjalan lamanya). Kita tidak dapat membayangkan berapa jauhnya jika disebutkan lima  ratus tahun perjalanan tersebut. Kalau manusia tidak mampu mencium aroma harumnya surga itu, maka patut ditanya seberapa jauh dari surga sebenarnya dia berada.

Mengapa ada manusia yang demikian jauhya dari surga ? Surga, seperti juga wanita cantik berbau atau aroma harum tersebut, tidak dekat-dekat dengan mereka yang tidak disukainya. Misalnya, wanita tersebut tidak suka dengan perokok. Maka ia akan berada jauh dari si perokok tersebut. Surga akan jauh dari orang yang dibencinya. Atau orang yang dibencinya akan dijauhkan ALLAH S.W.T. dari surga.

Lantas, siapa saja sebenarnya manusia yang di benci surga sehingga mereka harus jauh-jauh dari surga yang untuk mencium baunya saja harus berjalan selama lima ratus tahun ???

 

  1. Orang yang bakhil, kikir, pelit terhadap sesama.
  2. Orang yang tidak ikhlas dalam melakukan pemberian. Ketidakikhlasannya itu diwujudkan dengan selalu menyebut dan mengungkit – ungkit pemberian yang telah dilakukan baik kepada orang lain maupun orang yang dibencinya.
  3. Anak yang berani kepada orang tua. Anak yang tak tahu berbalas budi terhadap orang tua yang sudah susah payah menghidupi dan membesarkannya, malah sang anak mendurhakai orang tua tidak akan mencium bau surga.
  4. Orang yang senang atau hobi minum-minuman keras. Sudah jelas mulut mereka bau, otak mereka kacau, bicaranya ngelantur. Jangankan surga, wanita di dunia saja akan enggan dan takut serta menjauhi pemabuk seperti itu.

Komentar atas Ki Joko Goro-Goro: Ada 4 Orang Yang Tak Kan Mencium Aroma Surga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

KTBS TV

HARI JADI KABUPATEN BANTUL KE 187 BEREGODO KEC. PIYUNGAN

LAGU INDONESIA RAYA

Srimartani Overview

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License