Peningkatan Performa Penjualan UMKM di Desa Srimartani Melalui Managemen Strategi Digital Marketing

Administrator 21 Juli 2023 10:32:08 WIB

Oleh: Santika Dewitantri

(Mahasiswa KKN UGM di Mandungan Periode 2 Tahun 2023)

 

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan kegiatan memasarkan atau mempromosikan suatu brand, produk, atau jasa menggunakan media digital untuk bisa menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya. Di era digital seperti saat ini, Pemasaran digital atau Digital Marketing telah menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan penjualan produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).Digital marketing ini memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan pemasaran secara masif dan terukur. Itulah mengapa upaya promosi bisa lebih efektif karena mampu menjangkau target pasar yang tepat. Dengan begitu, biaya pemasaran pun cenderung lebih hemat tetapi tetap mampu memperoleh hasil yang optimal. Selain itu, digital marketing juga memudahkan pelaku bisnis melakukan pengukuran performa bisnis dari data-data yang sudah tersedia.

Mengembangkan sebuah bisnis tidak hanya berbicara tentang menghasilkan produk, tetapi  juga erat kaitannya dengan teknik marketing. Jika tidak menguasai teknik marketing maka akan sulit untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat.Dengan memanfaatkan teknologi dan platform digital, UMKM dapat meningkatkan visibilitas produk mereka, mencapai target pasar yang lebih luas, dan menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan.

Desa Srimartani memiliki banyak potensi untuk perkembangan produk pada setiap UMKM-nya. Akan tetapi, banyak para pelaku usaha yang belum bisamemasarkan produknya tersebut secara maksimal untuk bisa terus bertahan bahkan berkembang. Hal ini menyebabkan banyaknya UMKM yang tidak bisa bertahan lama dan cenderung hanya hype sesaat. Oleh karena itu, bagi para pelaku UMKM di Desa Srimartani, strategi pemasaran digital sangat dibutuhkan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keberhasilan bisnis. Berikut beberapa langkah penting dalam manajemen pemasaran digital produk UMKM yang bisa diterapkan untuk meningkan performa penjualan produk UMKM di Desa Srimartani, yaitu:

  1. Tentukan Tujuan Bisnis dan PemasaranDigital yang jelas

Langkah pertama adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai melalui pemasaran digital.Dalam hal ini, pelaku UMKM harus mempunyai tujuan bisnis yang jelas dan spesifik. Contohnya, Apakah penerapan digital marketing ditujukan untuk membangun brand awareness, Ingin memperkenal brand dan produk kepada masyarakat luas, atauingin mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial yang mau membeli produk yang ditawarkan.Dengan memiliki tujuan yang jelas, Pelaku UMKM dapat mengarahkan upaya pemasaran digital dengan lebih terfokus.

  1. Melakukan Riset dan Segmentasi Pasar

Setelah mempunyai tujuan, jangan tergesa-gesa untuk menerapkan strategi digital marketing. Hal ini karena penerapan strategi yang tidak tepat sasaran hanya membuat semua upaya promosi dan pemasaran yang dilakukan menjadi sia-sia. Lalu langkah yang tepat yang harus dilakukan setelah menentukan tujuan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu mengenai calon konsumen yang sesuai dengan bisnis dan produk. Cari tahu daya beli mereka apakah sudah sesuai dengan harga produk yang dijual. Selain itu, Para pelaku UMKM juga perlu tahu gaya berbelanja mereka. Lakukan juga segmentasi pasar yaitupengelompokan calon konsumen menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan indikator tertentu. Misalnya berdasarkan demografi, daya beli, usia, sosial media yang digunakan, dan lainnya.

  1. Membangun dan Mengoptimalkan Situs Web

Membangun dan mengoptimalkan situs web merupakan langkah penting dalam manajemen pemasaran digital UMKM. Pastikan situs web Anda memiliki desain yang menarik, responsif, dan mudah dinavigasi. Sertakan informasi produk yang lengkap, deskripsi yang menarik, dan gambar berkualitas tinggi. Selain itu, optimalkan situs web Anda agar mudah ditemukan oleh mesin pencari dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization).

  1. Membuat Database Calon Konsumen Potensial dan Konsumen Loyal

Tahap berikutnya setelah melakukan riset yaitu membuat database konsumen. Dalam database ini simpan data secara rapi menurut kategor. Misalnya, pelanggan loyal yang rutin berbelanja, pelanggan yang hanya datang sesekali, atau konsumen yang baru melihat-lihat produk di website, tetapi belum melakukan pembelian.Di saat yang sama, jangan hanya fokus pada konsumen yang sudah jadi pelanggan saja. Pelaku UMKM juga harus terus berupaya mendatangkan pelanggan baru. Itulah sebabnya, usahakan untuk membuat database calon konsumen yang potensial dan memiliki kemungkinan besar untuk membeli dan menggunakan produk dari bisnis Anda.

  1. Riset Kompetitor

Menganalisis kompetitor menjadi salah satu cara memulai digital marketing bagi Pelaku UMKM. Disini para pelaku UMKM perlu melakukan riset kompetitor untuk bisa mempelajari cara mereka menerapkan strategi digital marketing yang tepat sasaran, jenis konten yang mereka tayangkan, cara mereka berinteraksi dengan konsumen mereka, dan sebagainya.

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat efektif dalam mempromosikan produk UMKM. Buat akun bisnis di platform media sosial yang relevan dengan target pasar Anda, seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau Tik-tok. Gunakan konten menarik, gambar berkualitas tinggi, dan video pendek untuk menginformasikan, menginspirasi, dan mengajak interaksi dari pengguna. Aktifkan interaksi dengan pelanggan dan prospek melalui komentar, pesan pribadi, dan tanggapan yang cepat.

  1. Maksimalkan Profil Bisnis di Media Sosial

Dakam media sosial yang Anda gunakan, Anda bisa menuliskan nama bisnis dengan lengkap, memasukkan alamat sehingga pelanggan mudah menemukan bisnis Anda, ada kontak yang bisa dihubungi, serta menyediakan alat transaksi yang aman dan mudah digunakan. Profil bisnis yang lengkap dapat membuat calon pelanggan merasa percaya dan aman untuk bertransaksi dengan Anda. 

  1. Google My Business

Sama halnya dengan profil di media sosial yang harus jelas dan lengkap, Pelaku UMKM juga bisa menggunakan Google My Business atau Google Bisnisku untuk membuat profil bisnis. Google My Business merupakan salah satu fitur yang disediakan Google untuk membantu pebisnis mempromosikan bisnisnya tanpa biaya (gratis). Disini, Anda bisa menampilkan semua informasi berkaitan dengan bisnis, dan nantinya informasi tersebut akan tampil di mesin pencari sekaligus di Google Maps.

  1. Strategi Konten yang Relevan

Buat konten yang relevan dengan produk UMKM Anda dan kebutuhan target pasar Anda. Tulis artikel blog, buat infografis, atau produksi video tutorial yang berkaitan dengan produk atau industri Anda. Konten yang bermanfaat dan informatif akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, memperluas jangkauan merek Anda, dan mengarahkan lalu lintas ke situs web atau platform penjualan Anda.

 

  1. Memantau dan Menganalisis Kinerja

Pantau dan analisis hasil dari strategi pemasaran digital yang Anda terapkan. Gunakan alat analisis web atau platform media sosial untuk melihat metrik kinerja seperti jumlah pengunjung, tingkat konversi, keterlibatan pengguna, dan lainnya. Dengan melihat data ini, para pelaku UMKM dapat memperbaiki dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital secara terus-menerus.

Di era digital yang semakin maju ini, manajemen digital marketing menjadi kunci keberhasilan bagi UMKM. Dengan memanfaatkan teknologi dan strategi digital marketing yang tepat dan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas, diharapkan UMKM di Desa Srimartani dapat meningkatkan performa penjualan mereka melalui media digital. Dengan pengelolaan digital marketing yang efektif, diharapkan nantinya UMKM di Desa Srimartani memiliki peluang yang lebih besar untuk berkembang, bersaing, dan tumbuh dalam pasar yang kompetitif.

Komentar atas Peningkatan Performa Penjualan UMKM di Desa Srimartani Melalui Managemen Strategi Digital Marketing

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

LAGU INDONESIA RAYA

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License